Rabu, 10 September 2014

Pesan ayah untuk Aulia Mega, Gadis sulungku

Nak, 18 tahun ya? 18 tahun itu waktu yang panjang untuk membuat kita saling memahami. Mega pasti tahu bagai mana ayah, gelap-terangnya,.. marah-cerianya,.. pun begitu, rasanya ayah paham hampir semua segi tentangmu nak.

Aulia mega, cinta ayah..
Perkaranya bukan soal 18 tahunmu yang telah lewat atau 18 tahunmu yang akan datang. Tetapi soal harapan yang kita obrolkan setiap hari itu ga,.. 18 tahun tapi tak punya mimpi apa-apa??? rasanya kok sia-sia ga? Rasanya sayang menjadi 18 tahun tapi tak paham apa yang mungkin terjadi 18 tahun berikutnya. Bahkan kalau perlu apa yang harus di 18 tahunmu kedepan!

Aulia mega, anakku terkasih..
Mega berbeda dengan adik-adik mega yang lain. Jika kelak ayah tak ada, engkaulah ayah bagi mereka. Tak ada waktu untuk bermanja menjadi gadis ga. Belajarlah menjadi ayah terus menerus. Biar tangguh engkau kelak. Biar paham maknanya menjadi dewasa. Dewasa?

ya nak,..
Menjadi dewasa akan membuatmu tak lagi sederhana lagi. Begitu banyak hal patut kau pertimbangkan dalam mengambil langkah apapun, sekecil apapun, sesederhana apapun dalam hidup keseharianmu. ga,.. tidak ada yang kau lakukan boleh kau lakukan tanpa alasan. Ingat ayah sering mengingatkan ini ga? kalau perlu, jika kita kentut pun,.. kita harus tahu alasannya! kenapa dan mesti kapan?

Nak,..
Menjadi dewasa itu artinya engkau harus mulai rajin bertanya. Belajarlah membangun begitu banyak pertanyaan tentang apa dan mengapa apapun yang kau lakukan. Mempertanyakan diri itu akan membuatmu makin hati-hati. Ingat kata-kata ayah dulu nak. Waktu itu sumberdaya yang paling terbatas. Kekayaan yang paling hakiki, tak bisa dibeli! Menolehpun seringkali tak perlu nak,.. waktu itu terus bergerak,.. tak ada dan jangan pernah berharap ada tayangan ulang!

Aulia mega, gadis sulungku
Jadilah engkau dirimu nak, jangan pernah menjadi ayah. Ayah buruk sekali tak patut kau contoh, tapi belajarlah dari keburukan ayah,.. jauhilah! Belajarlah terus untuk menjadi gadis sulung ayah yang terhebat!

Selamat ulang tahun ke-18 Aulia Mega Wardhani Darmawan, gadis sulungku!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar