Kamis, 28 Agustus 2014

Konsultan Pengembangan Sekolah: Membangun Suasana Pendidikan

Banyak dari kita orang pendidikan yang memposisikan sekolah/ madrasahnya sekedarnya. Sekolah/ madrasah yang hanya sekedar deretan gedung kelas, deretan bangku-meja-kursi murid, deretan buku. Sekolah/ madrasah yang kaku, layaknya pabrik. Padahal bukankah produk dari sekolah itu siswa? bukan barang? orang bukan benda? Pabrik hanyalah kumpulan mesin yang akan melahirkan produk yang strukturnya seperti mesin juga.
Tentu kita akan membayangkan kemudian ratusan, ribuan manusia baru yang tidak manusiawi? Membangun suasana sekolah artinya membangun organisasi produsen yang menghasilkan manusia-siswa. Tapi buat apa kalau bukan manusia-siswa yang unggul? Tentu jangan dibayangkan sekolah/ madrasah yang akan melahirkan manusia super. Unggul tidak sama dengan super. Unggul itu artinya menonjol! Setiap Siswa itu khas, setiap gurupun khas, setiap warga sekolah itu khas. Kekhasan majemuk yang Unggul itulah yang akan menjadikan sekolah/ madrasah kita yang Unggul karena penuh warna akan kekhasannya masing - masing.
Pada posisi inilah Peran "orang luar" dalam upaya memahami kekhasan dan menentukan arah keunggulan itulah kekhasan yang saya ambil. Posisi yang akan mengantarkan saya untuk menjadi teman berdiskusi - bertukar pikiran - bergerak bersama menuju keunggulan kita dalam kekhasan yang akan menjadi keunggulan kita masing - masing.

Saya, akan sangat senang berdiskusi, bertukar pikiran, mengunjungi sekolah/ madrasah anda. Agar kelak kita menjadi bagian dari keunggulan sekolah/ madrasah kita ini, menjadi bagian dari keunggulan masing-masing pribadinya!

Kontak Personal:
Dr. Darmawan, S.Pd.,M.A.B
darmawanmpa@windowslive.com
085320749489

Tidak ada komentar:

Posting Komentar