Kamis, 28 Agustus 2014

Konsultan Pengembangan Sekolah

Setelah berkecimpung dalam dunia pendidikan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi selama 20 tahun. Saya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa:
  1. Setiap sekolah/ madrasah punya keunggulan masing-masing. Keunggulan yang akan membuat sekolah itu menjadi sekolah pilihan utama karena keunggulannya itu.
  2. Sayangnya sekolah/ madrasah ini seringkali tidak sadar akan keunggulannya itu.
  3. Kesulitan utama kebanyakan sekolah/ madrasah ini tidak memiliki kemampuan untuk "bercermin", memberikan pengamatan yang layak terhadap dirinya sendiri.
  4. Hakikatnya, setiap sekolah dengan syarat "memiliki keinginan yang kuat untuk maju",  Hanya perlu kurang dari setahun untuk maju. Dan mulai meraih prestasi juga kurang dari satu tahun. 
  5. Jadi, dijamin dalam kurang dari satu tahun "Piala-Piagam Penghargaan-Penghargaan Masyarakat" akan mulai berdatangan.
Tentu kemajuan ini, bukanlah sekedar tujuan tapi sebuah perjalanan. Tetapi dalam setiap hal selalu saja ada jalan pintas dan jalan yang jauh dan berkelok. Ilmu dan pengalamanlah yang akan membuat perbedaannya. Betul, kesuksesan itu bukanlah hal yang tiba-tiba. Tetapi jika pengalaman orang lain diadopsi karena memiliki indikator dan karakteristik yang sama, maka jalan pintas bukanlah hal yang mustahil.
Saya menawarkan pada anda untuk menjadi "orang luar" yang tak sekedar menjadi penonton yang pintar berkomentar. Tak sekedar pengamat yang menganalisis masalah anda. Tapi terjun bersama-sama anda membangun sekolah/ madrasah anda. Adalah suatu kebanggan besar bagi saya untuk menjadi bagian kemenangan - keberhasilan sekolah/ madrasah anda Tahun Depan!
Saya menawarkan bantuan konsultasi manajemen pengembangan sekolah/ madrasah kepada anda dalam beberapa aspek:
  1. Mengidentifikasi Keunggulan Sekolah/ Madrasah Anda.
  2. Melakukan Perbaikan - Pengembangan - Pembangunan Keunggulan Sekolah/ Madrasah Anda Secara Terstruktur dan Terorganisir.
  3. Perbaikan - Pengembangan - Pembangunan Keunggulan Sekolah/ Madrasah Akan Difokuskan Dalam Hal : Pengembangan Nilai-nilai Sekolah/ Madrasah, Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Ekstrakulikuler, Pengembangan Suasana Pendidikan, Pengembangan Sumberdaya Pendidik dan Tenaga Kependidikannya.
Kita, tidak saja akan membangun sekolah yang unggul tapi membangun pribadi yang unggul dalam waktu kurang dari setahun!

Kontak Personal:
Dr. Darmawan, S.Pd.,M.A.B
darmawanmpa@windowslive.com
085320749489

2 komentar: